Kamis, 19 Maret 2009

Obama Raih 2,5 Juta Dollar AS dari Royalti


Presiden AS Barack Obama meraih royalti senilai 2,5 juta dollar AS tahun lalu untuk kedua bukunya yang judulnya Dreams From My Father yang ditulisnya sebelum terpilih sebagai senat dari Illinois dan The Audacity of Hope.

Uang sejumlah ratusan ribu dollar AS juga telah menanti Obama yang akan mengeluarkan memoarnya untuk versi kaum muda dan sebuah buku nonfiksi setelah ia meninggalkan Gedung Putih nanti. Awal Januari, Obama telah sepakat untuk memproduksi sebuah buku baru setelah berakhir masa tugasnya yang diperkirakan pada 2017 apabila ia terpilih untuk kedua kalinya sebagai presiden AS.

Menurut Gedung Putih, Obama telah mencapai kesepakatan penulisan buku tersebut dengan penerbit Crown Publishing Group. Tak berapa lama sebelum pelantikannya, Obama telah menyepakati uang muka senilai 500.000 dollar AS untuk Dreams From My Father yang ditujukan bagi kalangan pembaca muda.

Obama belum memberikan keterangan mengenai buku nonfiksi yang akan ditulisnya. Isi buku maupun kontrak buku ini kemungkinan akan dinegosiasikan pada akhir masa jabatannya nanti.

Laporan keuangan pribadi Obama yang dikeluarkan pekan ini mencakup laporan keuangan dari Januari hingga 16 November 2008 atau pada saat ia meninggalkan kursi senat. Laporan keuangan itu menunjukkan, Obama dan istrinya, Michelle, masing-masing memiliki aset senilai 1,3 juta dan 5,7 juta dollar AS yang belum mencakup kediaman mereka di Chicago. Selain itu, mereka juga memiliki tabungan pendidikan untuk kedua putri mereka senilai 550.000 dollar AS.


Tidak ada komentar:

 

Design by Amanda @ Blogger Buster