Selasa, 21 Oktober 2008

PEMBUKAAN ASIAN BEACH GAMES(ABG)


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu pagi ini bertolak menuju Bali untuk menghadiri dan meresmikan Pembukaan Asian Beach Games (ABG) pertama yang akan berlangsung di Bali mulai 18 hingga 26 Oktober.

Presiden berangkat dengan menggunakan pesawat Garuda 737-400 dari Pangkalan TNI AU Halim Jakarta, dengan didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Seskab Sudi Silalahi dan Menkominfo M. Nuh.

Setibanya di Bali nanti, dengan bertempat di Hotel Four Season Jimbaran pada pukul 15.35 Wita, Presiden menurut rencana akan menerima kunjungan kehormatan Presiden International Olympic Committee (IOC) Jacques Rogge dan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al-Fahad Al Shabbah.

Dalam kesempatan itu, Presiden akan didampingi Menko Kesra sekaligus Ketua Panitia Pengarah ABG Aburizal Bakrie, Mensesneg, Seskab Sudi Silalahi, Meneg Pora Adhyaksa Dault dan Ketua Koni Rita Subowo.

Direncanakan pada pukul 20.00 Wita, bertempat di areal patung Garuda Wisnu Kencana, Nusa Dua, Presiden akan meresmikan pembukaan ABG pertama yang juga dihadiri sekitar sebelas kepala negara dan pemerintahan di Asia.

Acara pembukaan akan dimulai dengan persembahan tari selamat datang oleh 100 penari tradisional, yang dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Pengarah Aburizal Bakrie dan kemudian akan ditampilkan tarian kolosal yang diakhiri dengan lagu To Be One oleh Andre Hehanusa, Christian Bautista dari Filipina serta Mark Lazzaro dari India.

Usai parade kontingen masing-masing negara, acara bakal dilanjutkan dengan sambutan presiden OCA Syeikh Ahmad Al-Fahad Al Shabbah, yang dilanjutkan dengan sambutan Presiden sekaligus peresmian ABG dan diikuti dengan pertunjukkan kembang api selama 10 detik.

Peristiwa olahraga yang mempertandingkan 17 cabang olahraga ini merupakan konsep yang belum pernah dicoba sebelumnya, karena cabang olahraga yang dilombakan adalah cabang-cabang yang jarang dipertandingkan di Olimpiade atau event olahraga regional lain.

Berbagai atlet, mulai dari negara kuat seperti Cina dan Jepang hingga atlet dari negara kecil seperti Afghanistan, Laos dan Makau, ambil bagian dalam acara itu.

Cabang yang dipertandingkan pada ABG ini adalah bola tangan, pencak silat, sepak takraw, sepak bola, bola voli, gulat, bina raga, perahu naga, jet ski, maraton, renang dirgantara, layar, surfing, triatlon, windsurfing dan bola kayu.

Tidak ada komentar:

 

Design by Amanda @ Blogger Buster